This nice Blogger theme is compatible with various major web browsers. You can put a little personal info or a welcome message of your blog here. Go to "Edit HTML" tab to change this text.
RSS

Jumat, 25 Desember 2009

Menjadikan Etika Bisnis Sebagai Prioritas

http://www.ptfi.com/social/etika_berusaha.asp


Pimpinan Freeport-McMoRan Copper & Gold, James R. Moffett bertemu dengan anggota Forum MOU pada November, 2005 dalam rangka dialog tetap dengan para pemangku kepentingan utama di wilayah kegiatan operasi PT Freeport Indonesia.

Dewan kami beranggotakan sebelas orang, yang sebagian besar merupakan anggota independen. Di antara anggota Dewan pun terdapat seorang direktur kehormatan. Sesuai Pedoman Tata Kelola Korporasi kami, para direktur yang non-karyawan bertemu dalam sebuah sesi eksekutif yang berlangsung pada akhir setiap rapat Direksi yang telah dijadualkan. Setiap anggota Komite-komite Audit, Personalia Korporasi, serta Nominasi dan Tata Kelola Korporasi adalah independen dalam arti seperti yang tercantum di dalam Pedoman Tata Kelola Korporasi kami. Selain itu, Dewan menetapkan bahwa setiap anggota dari Komite Audit memenuhi syarat sebagai "pakar keuangan komite audit", sebagaimana definisi Securities and Exchange Commission. Setiap komite Dewan menjalankan fungsinya sesuai anggaran dasar tertulis yang dianut oleh Dewan. Pedoman Tata Kelola Korporasi dan seluruh anggaran dasar komite dapat dilihat pada situs internet kami di http://www.fcx.com/.

Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc., PTFI dan Atlantic Copper, S.A. telah mengeluarkan Kebijakan Etika dan Perilaku Bisnis yang mewajibkan seluruh karyawan untuk mengikuti standar-standar etika yang ditetapkan oleh perusahaan dan sejalan dengan hukum yang berlaku, termasuk US Foreign Corrupt Practices Act - FCPA (UU AS tentang Praktik Korupsi di Luar Negeri) dan Akta Sarbanes-Oxley. Semua karyawan perusahaan terkait diwajibkan untuk membuat pernyataan setiap tahunnya tentang kepatuhan terhadap kebijakan tersebut. Selain itu, karyawan wajib memberi tahu pejabat kepatuhan perusahaan tentang setiap kegiatan, transaksi atau keterangan terkait lainnya mengenai dugaan adanya pelanggaran terhadap kebijakan tersebut. Setiap kejadian atau kekhawatiran tentang pelanggaran atau potensi pelanggaran akan diselidiki dan diselesaikan sebagaimana perlu.

Kami menyelenggarakan kursus pelatihan bagi para manajer, penyelia dan personil lainnya agar mereka dapat mengenal potensi permasalahan dan mengetahui bagaimana menanggapinya. Secara berkala, kami pun meninjau ulang kebijakan dan prosedur yang kami anut guna memastikan bahwa kepatuhan terhadap hukum yang berlaku dan harapan atas tanggung jawab korporasi senantiasa dipenuhi. Lihat Kebijakan Etika dan Perilaku Bisnis pada website kami (http://www.fcx.com/).

Tata Kelola Korporasi (Corporate Governance) Karyawan dan pejabat Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. menjalankan kegiatan usaha korporasi di bawah pengarahan Kantor Pemimpin Umum kami, yang terdiri dari Pemimpin Umum dan Pejabat Eksekutif Tertinggi, di bawah pengawasan Dewan Direksi. Para pemegang saham memilih anggota Dewan untuk mengawasi pengelolaan dan untuk memastikan agar kepentingan jangka panjang para pemegang saham senantiasa diperhatikan. Baik Dewan Direksi maupun tim manajemen menyadari bahwa dengan memperhatikan tata kelola korporasi secara tepat dan bertanggung jawab, kepentingan jangka panjang para pemegang saham dapat dikedepankan.

0 komentar: